Berawal Dari Niat

Ketika anda membaca tulisan ini, berarti anda masih benapas. Masih diberikan jatah hidup di dunia ini. Berpikir dan Bergerak.

 

Sebelum terjadinya perbuatan. Ada keputusan yang sudah dibuat sebelumnya. Didalam jiwa anda. Suatu keputusan yang terjadi dari proses tarik menarik di dalam diri.

Ada cita-cita, harapan, keinginan. Yang pasti, sesuatu yang anda putuskan untuk dituju. Menjadi tujuan. Yang menjadikan semua gerakan, pembicaraan dan berbagai tindakan menuju kepada tujuan yang sudah diputuskan itu. Anda berjalan kepada itu semua.

 

Bagaimana bila, tujuan yang sudah diputuskan itu pada akhirnya tidak ada, kosong dan tidak bernilai untuk kehidupan setelah kematian anda. Ternyata tujuan yang selama ini dilakukan adalah mimpi kosong. Tidak hanya itu bahkan mencelakakan dalam kehidupan setelah kematian. Itulah kerugian yang besar. Dan akhir hidup yang menyedihkan.

 

Oleh karena itu, memeriksa niat, menafakuri tujuan, dan terus memperbaharui niat adalah hal yang utama dilakukan secara rutin, setiap saat. Agar tidak terjadi, sesal kemudian tiada guna.

 

@harisanusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *