Mentari Hati

Sore itu, ustad Hari Sanusi atau yang akrab disapa Ustad Hasan melihat disekeliling perkemahan kami peserta PIN BaKu di daerah Cisauk. Dilihatnya pepohonan di sekitar mulai meranggas, daun mulai menguning dan sebagian telah menggugurkan daunnya. Hal inilah yang kemudian dijadikan beliau sebagai tema tausiyah sore kala itu.

Sejatinya, setiap diri manusia akan diberikan ujian oleh Allah SWT. Dan dengannya, manusia harus kuat dalam menjalani kehidupan. Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dan keinginan untuk mencapai tujuan hidupnya, maka tak heran jikalau mereka mengorbankan beberapa yang dimilikinya untuk mencapai tujuannya tersebut.
Meranggas, adalah satu kata yang mampu mengekspresikan suatu tindakan dalam pengorbanan. Pohon, berani mengorbankan dan menggugurkan daunnya demi satu tujuan yakni mampu bertahan hidup di kala musim kemarau hadir. Pohon dan tumbuhan mampu bertahan hidup dengan cara berfotosintesis. Fotosintesis dapat terjadi pada daun karena padanya terdapat stomata untuk pertukaran gas. Semakin banyak daun pada pohon tersebut, maka semakin banyak respirasi yang dilakukan. Oleh karenanya untuk bertahan hidup dan tidak mengeluarkan banyak respirasi, pohon atau tumbuhan akan berkorban untuk menggugurkan daunnya.

Pun kita manusia, jikalau kita memiliki keinginan yang kuat. Memiliki tujuan dalam mencapai sesuatu hal. Maka, kitapun perlu melakukan sifat pohon yang satu ini, yakni meranggas. Meranggas untuk mengurangi jatah tidur kita, meranggas untuk mengorbankan waktu kita, meranggas untuk mengorbankan sebagian harta kita, dan mengorbankan akal serta fikiran kita untuk mencapai goal yang diharapkan.

Meranggas, satu kata sederhana yang memiliki banyak makna. Makna yang bukan sekadar untuk diri pribadi, namun kemudian mampu memerikan efek yang kepanjangan bagi di sekelilingnya. meranggas untuk memberikan kebaikan untuk disekitar kita, meranggas untuk menyedekahkan sebagian rezeki untuk sesama, dan lain sebagainya.

Semoga meranggasnya kita senantiasa dalam kebaikan, sehingga memberikan manfaat baik untuk diri sendiri maupun sesama. Insyaa Allah.

Abdul Karim
Murid PIN Baku 371

#P2401

Artikel Terkait

WhatsApp chat