Kemuliaan Bergaul Dengan Orang Sholeh
Dari Sahabat Ibnu Abbas رضي الله عنـه diriwayatkan bahwa, beliau berkata, “Wahai Rasulullah, siapa yg terbaik sebagai teman bergaul kami ?”
Beliau صلى الله عليه وآله وسلم menjawab, “Orang yg membuat kalian ingat kepada اَللّهُ jika melihatnya, ucapannya menambah ilmu, dan ilmunya mengingatkan kepada akhirat” (HR. Abu Ya’la)

Dari Sahabat Abu Hurairah رضي الله عنـه, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, “Seseorang itu mengikuti agama sahabatnya. Karena itu, hendaklah masing² kalian melihat dengan siapa kalian bersahabat” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi)
Sayyidinal Imam Abdullah bin Alwi Al-Haddad رضي الله عنـه mengatakan, “Ketahuilah, bahwa bergaul dengan orang² baik dan duduk bersama mereka akan menumbuhkan perasaan cinta kepada kebaikan di hati seseorang dan dapat membantu melakukan kebaikan.
Begitu pula bergaul dengan orang² jahat dan duduk bersama mereka akan menanamkan cinta kepada kejahatan di hati seseorang dan melakukan kejahatan.
Orang yg bergaul dengan suatu kaum maka akan menyukai mereka.
Baik mereka orang² yg baik maupun orang² yg jahat. Dan seseorang akan bersama orang yg dicintainya di dunia dan di akherat”
Sayyid Ahmad bin Zein Al-Habsyi رضي الله عنـه mengatakan, “Bergaul dengan orang² sholeh lebih bermanfaat bagi seseorang hamba daripada 100 kali atau ada yg mengatakan 1.000 kali Uzlah (mengasingkan diri untuk beribadah)”
Beliau رضي الله عنـه juga mengatakan, “Terkadang bergaul dengan 1 orang Sholeh lebih bermanfaat daripada bergaul dengan 70.000 orang”
مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه
WhatsApp chat