๐ Imam Abu Nuโaim mengutip ucapan Imam Sufyan Ats Tsauri, sebagai berikut:
ุณููุงู ุงูุซูุฑูุ ูููู: ุฅุฐุง ุฑุฃูุช ุงูุฑุฌู ูุนู ู ุงูุนู ู ุงูุฐู ูุฏ ุงุฎุชูู ููู ูุฃูุช ุชุฑู ุบูุฑู ููุง ุชููู.
๐โJika engkau melihat seorang melakukan perbuatan yang masih diperselisihkan, padahal engkau punya pendapat lain, maka janganlah kau mencegahnya.โ (Imam Abu Nuโaim Al Asbahany, Hilyatul Auliyaโ, 3/133)
๐Pandangan Imam Malik Radhiallahu โAnhu
Imam Malik ketika berkata kepada Khalifah Abu Jaโfar, tatkala Abu Jaโfar ingin memaksa semua orang berpegang pada Al Muwathaโ (himpunan hadits karya Imam Malik): โIngatlah bahwa para sahabat Rasulullah telah berpencar-pencar di beberapa wilayah. Setiap kaum memiliki ahli ilmu. Maka apabila kamu memaksa mereka dengan satu pendapat, yang akan terjadi adalah fitnah sebagai akibatnya.โ .(Al Imam Asy Syahid Hasan Al Banna, Majmuโah Ar Rasail, Muโtamar Khamis, hal. 187. Al Maktabah At Taufiqiyah)
๐Pandangan Imam Ahmad bin Hambal Radhiallahu โAnhu
Dalam kitab Al Adab Asy Syarโiyyah:
ููุฏ ูุงู ุฃุญู ุฏ ูู ุฑูุงูุฉ ุงูู ุฑูุฐู ูุง ููุจุบู ูููููู ุฃู ูุญู ู ุงููุงุณ ุนูู ู ุฐูุจู. ููุง ูุดุฏุฏ ุนูููู ููุงู ู ููุง ุณู ุนุช ุฃุญู ุฏ ูููู ู ู ุฃุฑุงุฏ ุฃู ูุดุฑุจ ูุฐุง ุงููุจูุฐ ูุชุจุน ููู ุดุฑุจ ู ู ุดุฑุจู ูููุดุฑุจู ูุญุฏู .
๐โImam Ahmad berkata dalam sebuah riwayat Al Maruzi (Al Marwadzi), tidak seharusnya seorang ahli fiqih membebani manusia untuk mengikuti madzhabnya dan tidak boleh bersikap keras kepada mereka. Berkata Muhanna, aku mendengar Ahmad berkata, โBarangsiapa yang mau minum nabidz (air perasan anggur) ini, karena mengikuti imam yang membolehkan meminumnya, maka hendaknya dia meminumnya sendiri.โ (Imam Ibnu Muflih, Al Adab Asy Syarโiyyah, Juz 1, hal. 212. Syamilah)
Para ulama beda pendapat tentang halal-haramnya air perasan anggur, namun Imam Ahmad menganjurkan bagi orang yang meminumnya, untuk tidak mengajak orang lain. Ini artinya Imam Ahmad bersikap, bahwa tidak boleh orang yang berpendapat halal, mengajak-ngajak minum orang yang berpendapat haram.
๐Imam Yahya bin Maโin Rahimahullah
Imam Adz Dzahabi ย Rahimahullah berkata tentang Yahya bin Maโin:
ูุงู ุงุจู ุงูุฌููุฏ: ูุณู ุนุช ูุญููุ ูููู: ุชุญุฑูู ุงููุจูุฐ ุตุญูุญุ ูููู ุฃููุ ููุง ุฃุญุฑู ูุ ูุฏ ุดุฑุจู ููู ุตุงูุญูู ุจุฃุญุงุฏูุซ ุตุญุงุญุ ูุญุฑู ู ููู ุตุงูุญูู ุจุฃุญุงุฏูุซ ุตุญุงุญ.
๐Berkata Ibnu Al Junaid: โAku mendengar Yahya bin Maโin berkata: โPengharaman nabidz (air perasan anggur) adalah benar, tetapi aku no coment, dan aku tidak mengharamkannya. Segolongan orang shalih telah meminumnya dengan alasan hadits-hadits shahih, dan segolongan orang shalih lainnya mengharamkannya dengan dalil hadits-hadits yang shahih pula.โ (Imam Adz Dzahabi, Siyar Aโlam an Nubala, Juz. 11, Hal. 88. Muโasasah ar Risalah, Beirut-Libanon. Cet.9, 1993M-1413H)
๐Pandangan Imam An Nawawi Rahimahullah
Berkata Imam an Nawawi Rahimahullah:
ููู ูู ููุง ููุชูุนููููู ุจูุงููุงุฌูุชูููุงุฏู ููู ู ูููููู ููููุนูููุงู ูู ู ูุฏูุฎูู ููููู ุ ููููุง ููููู ู ุฅูููููุงุฑู ุ ุจููู ุฐููููู ููููุนูููู ูุงุกู . ุซูู ูู ุงููุนูููู ูุงุก ุฅููููู ูุง ููููููุฑูููู ู ูุง ุฃูุฌูู ูุนู ุนููููููู ุฃูู ููุง ุงููู ูุฎูุชูููู ููููู ููููุง ุฅูููููุงุฑ ููููู ููุฃูููู ุนูููู ุฃูุญูุฏ ุงููู ูุฐูููุจููููู ูููู ู ูุฌูุชูููุฏู ู ูุตููุจู . ููููุฐูุง ูููู ุงููู ูุฎูุชูุงุฑ ุนูููุฏ ููุซููุฑูููู ู ููู ุงููู ูุญููููููููู ุฃููู ุฃูููุซูุฑูู ู . ููุนูููู ุงููู ูุฐูููุจ ุงููุขุฎูุฑ ุงููู ูุตููุจ ููุงุญูุฏ ููุงููู ูุฎูุทูุฆ ุบูููุฑ ู ูุชูุนููููู ููููุง ุ ููุงููุฅูุซูู ู ูุฑููููุน ุนููููู
๐โDan Adapun yang terkait masalah ijtihad, tidak mungkin orang awam menceburkan diri ke dalamnya, mereka tidak boleh mengingkarinya, tetapi itu tugas ulama. Kemudian, para ulama hanya mengingkari dalam perkara yang disepati para imam. Adapun dalam perkara yang masih diperselisihkan, maka tidak boleh ada pengingkaran di sana. Karena berdasarkan dua sudut pandang setiap mujtahid adalah benar. Ini adalah sikap yang dipilih olah mayoritas para ulama peneliti (muhaqqiq). Sedangkan pandangan lain mengatakan bahwa yang benar hanya satu, dan yang salah kita tidak tahu secara pasti, dan dia telah terangkat dosanya.โ (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, ย 1/131. Mawqiโ Ruh Al Islam)
Jadi, yang boleh diingkari hanyalah yang jelas-jelas bertentangan dengan nash qathโi dan ijmaโ. Adapun zona ijtihadiyah, maka tidak boleh saling mengingkari.
๐ Pandangan Imam Jalaluddin As Suyuthi Rahimahullah
Ketika membahas kaidah-kaidah syariat, Imam As Suyuthi berkata dalam kitab Al Asybah wa An Nazhair:
ุงููููุงุนูุฏูุฉู ุงููุฎูุงู ูุณูุฉู ููุงูุซููููุงุซูููู โ ููุง ููููููุฑู ุงููู ูุฎูุชููููู ููููู ุ ููุฅููููู ูุง ููููููุฑู ุงููู ูุฌูู ูุนู ุนููููููู
๐Kaidah yang ke-35, โTidak boleh ada pengingkaran terhadap masalah yang masih diperselisihkan. Seseungguhnya pengingkaran hanya berlaku pada pendapat yang bertentangan dengan ijmaโ (kesepakatan) para ulama.โ (Imam As Suyuthi, Al Asybah wa An Nazhair, Juz 1,
๐ Ustadz Farid Nu’man Hasan.
Temukan Sahabat Hijrahmu Disini!
Langkah Hijrah Bersama Selamanya